Sabtu, 27 Agustus 2011

tentang blog ini.

Saya seorang mahasiswa sekolah tinggi ilmu ekonomi di daerah surabaya. Bukan termasuk mahasiswa pandai juga sebaliknya. Standart itu lebih tepatnya. Tapi saya selalu berusaha mencapai target IP saya disetiap penambahan semester. Dan saya akan sangat kecewa ketika IP saya dibawah 3.
Ada kesalahan ketika saya membuat alamat blog ini. seharusnya http://invisiblehand.blogspot.com/ tapi kurang huruf "i" (coba amati lagi alamat blog saya ini) -.-" dan mereplace alamat blog seperti yang saya mau ternyata tak mudah. gagal terus. jadi biarkan saja salah seperti ini. :p

Mengapa Invisible Hand?

ini adalah salah satu istilah dalam perekonomian . Dimana Invisible Hand adalah ekonom penggunaan jangka untuk menggambarkan sifat mengatur diri sendiri dari pasar. Yang merupakan gabungan antara kekuatan kepentingan pribadi, persaingan , permintaan dan penawaran yang mampu mengalokasikan sumber daya dalam masyarakat. (The Theory of Moral Sentiments - Adam Smith). Dengan ini memudahkan saya untuk mengingat apa alamat blog saya. haha. saya sering lupa dengan alamat blog saya sendiri.Blog ini sengaja saya buat untuk memudahkan diri sendiri dalam mengevaluasi materi yang telah diberikan di semester-semester yang telah saya lalui. Lebih praktis. Tinggal mengkoneksikan komputer dengan internet lalu melihat catatan kuliah saya disini. dan lebih mudah ketika ada 'emergency time' disaat ujian. tinggal intip. :p

Saya memiliki beberapa binder yang isinya materi kuliah semua. Bayangkan saja betapa ribetnya ketika saya harus mencari materi satu persatu di kertas-kertas binder yang sudah kumel dan dengan tulisan yang naik turun tak beraturan. Semakin membuat saya malas untuk belajar. Dan uniknya saya lebih senang berlama-lama di depan komputer daripada didepan buku catatan kuliah saya. Apa yang menarik? hanya melihat kurva dan catatan yang tak tertata rapi itu. Dan dengan blog ini, catatan saya bisa lebih rapi, dengan design halaman web yang bisa menyegarkan penglihatan dan semoga catatan saya ini bermanfaat bagi para pembaca. Jadi saya tak perlu repot-repot mencari catatan sebelumnya ketika saya sudah berada di semester atas.

Saya menulis catatan saya disini dengan bahasa dan tulisan yang ringan sehingga mudah dipahami. Karena banyak sekali kalimat rumit yang memusingkan untuk dipahami. Sedangkan diperkuliahan, khususnya ekonomi yang memiliki banyak teori ini, lebih baik kita memahami materi dengan kalimat sederhana dengan contoh nyata daripada dengan kalimat yang sangat rumit dengan istilah yang berceceran disana-sini serta contoh yang jauh dari pikiran kita.

Kita masih sama-sama belajar. Jikalau ada kesalahan pada materi yang saya tulis disini mohon kritik dan sarannya. Terima kasih. Semoga bermanfaat. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar