Rabu, 16 November 2011

Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

oleh : Prof. Sutjipto Ngumar, Ph. D, CPA (STIESIA SURABAYA)


AKUNTANSI
adalah pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah. Akuntansi adalah seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikan aktivitas keuangan.


FUNGSI AKUNTANSI
  1. Aktivitas Jasa
  2. Suatu Disiplin Ilmu
  3. Suatu Sistem Informasi
 1. AKTIVITAS JASA/PELAYANAN


akuntansi bersifat mengumpulkan dan mengolah data transaksi-transaksi perusahaan untuk keperluan pihak ekstern yang berkaitan dengan informasi keuangan perusahaan dan kepatuhan terhadap perundang-undangan.


2. SUATU DISIPLIN ILMU


akuntansi mengidentifikasi kejadian-kejadian dan transaksi ekonomi melalui pengukuran,klasifikasi dan pengikhtisaran rekening-rekening yang menggambarkan posisi keuangan dan hasil operasi.

3. SUATU SISTEM INFORMASI

akuntansi memberikan informasi dalam menentukan jenis barang/jasa yang harus disediakan, dibuat dan kapan barang/jasa tersebut diproduksi, akuntansi sebagai suatu sistem informasi juga membantu stakeholders tentang bagaimana sumber-sumber ekonomi dikelola sehingga dapat membuat keputusan yang lebih baik.

KARAKTERISTIK UTAMA DARI AKUNTANSI
  • identifikasi, pengukuran dan komunikasi keuangan
  • kesatuan ekonomi (aktivitas dan legalitas)
  • pihak yang berkepentingan (stakeholders)
AKUNTANSI KEUANGAN (FINANCIAL ACCOUNTING)

suatu proses yang berakhir pada penyusunan laporan keuangan yang berhubungan dengan perusahaan secara keseluruhan untuk digunakan pihak-pihak yang berkepentingan ( baik pihak intern maupun ekstern )
pihak intern --> untuk manajemen perusahaan
pihak ekstern --> laporan keuangan yang memiliki standar umum ( G.A.A.P/SAK ) untuk stakeholders

AKUNTANSI MANAJEMEN (MANAGEMENT ACCOUNTING)

suatu proses pengidentifikasian, pengukuran, analisis, penyusunan dan komunikasi informasi keuangan yang digunakan oleh manajemen untuk merencanakan, mengevaluasi dan mengendalikan organisasi dan untuk memastikan penggunaan yang tepat dan pertanggungjawaban atas sumber daya ekonomi.

PERBEDAAN AKUNTANSI KEUANGAN DENGAN AKUNTANSI MANAJEMEN
  • informasi akuntansi keuangan lebih ditujukan kepada pihak eksternal, sedangkan akuntansi manajemen hanya ditujukan kepada pihak internal.
  • akuntansi keuangan terikat oleh standart akuntansi.
  • informasi akuntansi manajemen lebih rahasia daripada akuntansi keuangan.
  • akuntansi manajemen memandang ke depan. bukan sejarah
  • akuntansi manajemen dihitung mengacu sistem informasi manajemen, bukan mengacu pada standar akuntansi keuangan
  • akuntansi manajemen digunakan untuk pengambilan keputusan
STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ( SAK )

disusun sebagai kerangka acuan dan membantu para akuntan dalam menerapkan secara konsisten prinsip-prinsip akuntansi untuk berbagai jenis perusahaan.

LAPORAN KEUANGAN (FINANCIAL STATEMENT)

merupakan ringkasan proses pencatatan atas transaksi-transaksi keuangan yang terjadi selama satu periode akuntansi yang bersifat umum. Meliputi : the balanced sheet, the income statement, the statement of cash flows, the statement of stakeholders equity, note of financial statement.

Tujuan :
  1. membuat keputusan investasi dan kredit dalam suatu entitas
  2. menilai kemampuan perusahaan untuk menghasilkan kas di kemudian hari
  3. menilai kinerja perusahaan dan manajemen yang berkaitan dengan kondisi keuangan, kinerja finansial, arus kas, perubahan laba ditahan, dan dasar yang digunakan keputusan manajerial.

PELAPORAN KEUANGAN (FINANCIAL REPORTING)

mencakup tidak hanya laporan keuangan (financial statement) tetapi juga laporan-laporan lain yang dapat digunakan untuk mengkomunikasikan informasi baik yang langsung maupun yang tidak langsung berkaitan dengan proses akuntansi.

Contoh laporan-laporan (informasi financial dan non-financial) lainnya :
  • rasio-rasio keuangan
  • saldo rekening-rekening tertentu pada akhir tahun
  • deskripsi tentang produk
  • daerah segmen dan pangsa pasar
  • daftar nama anggota direksi dan komisaris
Tujuan :
  1. menyediakan informasi (keuangan dan non-keuangan) yang bermanfaar untuk pengambilan keputusan (umum)
  2. menyediakan informasi (pokok) : untuk menilai prospek arus kas, tentang kondisi finansial perusahaan, tentang kinerja dan laba yang dihasilkan oleh perusahaan, tentang bagaimana perusahaan memperoleh dan menggunakan dana
  3. menyediakan informasi (lainnya) : yang memungkinkan manajemen untuk membuat keputusan di masa yang akan datang, yang memungkinkan owners/stakeholders menilai kinerja manajemen, berupa penjelasan yang dapat membantu stakeholders dalam memahami informasi yang disajikan.

2 komentar: